24 Mar 2011

Antibiotik Dapat Cegah Tertular Malaria


Go4HealthyLife.com, Jakarta – Bagi mereka yang berisiko tinggi tertular malaria, mungkin dapat menggunakan antibiotik sebagai langkah pencegahan. Pasalnya, antibiotik ini dapat memberikan penggunanya imunitas alami terhadap parasit malaria dan melindungi terhadap kemungkinan infeksi malaria.

Hal itu terbukti dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Inggris, Jerman dan Kenya terhadap tikus. Tim peneliti juga mengatakan bahwa teknik imunisasi alami seperti ini hanya dapat diterapkan pada kondisi tertentu, seperti ketika musim malaria sedang terjadi dan relatif singkat, dan juga ketika ada pasien yang berada dalam kondisi bahaya sehingga harus mendapatkan pencegahan sebelum tertular.

"Aplikasi terbaik untuk kondisi ini adalah ketika terjadi musim malaria dengan tingkat penularan tinggi seperti di beberapa kawasan di Mali dan Burkina Faso, di mana penularan malaria hanya terjadi dalam waktu singkat tapi sangat tinggi tingkat penularannya," papar Steffen Borrmann dari Kenya Medical Research Institute di Kilifi, yang ikut dalam penelitian tersebut.

Cara kerja antibiotik ini adalah dengan menyebabkan kerusakan selular pada parasit malaria selama perjalanan menuju liver mereka yang terinfeksi, kata tim peneliti dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Antibiotik ini memblokir atau menghalangi parasit malaria mengalami perubahan dari tahapan di liver menjadi tahapan di dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit. Parasit yang sudah terblokir di dalam liver itu mendorong tubuh untuk membangun imunitas perlindungan yang kuat terhadap malaria, sedikit mirip dengan vaksinasi tradisional. 

"Namun kami tidak mengembangkan ini atau mengusulkan antibiotik ini sebagai vaksin," kata Borrmann.

Malaria membunuh hingga 1 juta orang setiap tahun, kebanyakan korban berada di Afrika. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles.    

0 komentar:

Posting Komentar